Pengertian Teks Anekdot, Contoh, Ciri-ciri, Fungsi dan Struktur

Pengertian Teks Anekdot Contoh Ciri Fungsi Struktur Kaidah

Penjelasan lengkap definisi teks anekdot yang meliputi kaidah, ciri-ciri, fungsi dan struktur serta contoh dari teks anekdot itu sendiri. Apakah sobat sedang mencari arti teks anekdot dan kebanyakan orang sudah pernah dengar tapi belum faham pengertian maupun maknanya. Kali ini sobat akan belajar sebuah materi pelajaran bahasa indonesia yang mengambil referensi ilmiah dari blog www.rumuspelajaran.com yang membahas secara khusus mengenai teks anekdot. Dimana uraian ini akan mencakup berbagai hal mulai dari pengertian, ciri, struktur, kaidah, tujuan, hingga contohnya.

Nah, sobat perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan membuat teks anekdot diantaranya ciri, kaidah dan contohnya. Sebelum membahas lebih jauh teks anekdot ini memang menitik beratkan ke kritik atau sindiran dengan tersirat artinya tidak langsung mengatakan maksud akan tetapi samarkan terlebih dahulu oleh cerita hingga pada akhir kalimat pembaca akan memahami pesan yang tersirat tersebut. Ada baiknya jika sobat pahami dahulu definisi atau pengertian teks anekdot itu apa.

Pengertian Teks Anekdot

Teks Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan memiliki maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot merupakan suatu bahasan pada materi Bahasa Indonesia yang populer, teks ini biasanya dapat kita temukan di berbagai media berupa gambar, teks dan lainya.

Pelajaran yang membahas mengenai teks anekdot ini kadang harus dipahamkan beberapa hal diantaranya mengenai kaidah dan struktur-strukturnya suapa lebih mudah dipahami oleh orang yang membacanya. Misal sobat membuat cerita bergambar tentu didalamnya terdapat hal yang menceritakan maksud tertentu yang bisa diartikan sebuat kritikan, homor maupun makna lainya.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

Adapun ciri-ciri untuk membedakan teks ini dengan teks yang lain, inilah ciri-ciri teks anekdot yaitu:

  1. Bersifat menggelitik, membuat pembaca merasa terhibur
  2. Mengandung unsur humor atau lucu
  3. Menampilkan tokoh-tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau juga orang penting
  4. Cerita yang disampaikan hampir serupa dengan dongeng
  5. Terselip kata kata yang mengkritik atau tujuan
  6. Biasanya menceritakan karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan terlihat nyata

Sebenarnya kalau kita sadari jika teks anekdot ini banyak sobat temukan di koran, majalah, atau media massa lainnya. Selanjutnya apa saja fungsi dari anekdot ini mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Anekdot

Ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui mengenai fungsi anekdot ini diantaranya adalah:

  • Fungsi primer, sebagai sarana ekspresi yang berhubungan dengan ketidakpuasan, kejengkelan, kemarahan dan sebagainya.
  • Fungsi Sekunder, sebagai bahan hiburan, sebagai analogi atau contoh dalam menjelaskan sesuatu sebagai penarik perhatian dan sebagainya.

Struktur Teks Anekdot

Di atas telah kami sampaikan mengenenai ciri dan fungsi tetks anekdot, selanjutnya mari kita simak mengenai struktur dari teks anekdot itu sendiri, diantaranya:

  • Abstrak: ditaruh di awal paragraf dengan fungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca bisa membayangkan.
  • Orientasi: awal kejadian pada cerita atau juga bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita bisa terjadi.
  • Krisis: bagian yang menjelaskan pokok masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa.
  • Reaksi: merupakan bagian yang akan melengkapi berupa penyelasaian masalah menggunakan cara-cara yang juga unik dan berbeda.
  • Koda: merupakan bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.

Baca Juga: Tips Agar Anak Semangat Belajar Tanpa Harus Dipaksa

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Terakhir akan kami sampaikan mengenai contoh teks anekdot dilengkapi dengan strukturnya supaya lebih mudah dalam memahaminya:

Abstraksi:

Ketika aku dan temanku SMP sedang reuni di suatu tempat pameran.

Orientasi:

Temanku yang bernama Dina, ia terlambat ke pameran itu, karena terjebak hujan. Ketika itu hujan deras. Dina menyapa teman-teman dan termasuk aku.

Krisis:

Rini: “Hei Dina, gimana kabarmu?”

Dina: “Alhamdullilah baik Rin, kamu Rin gimana?”

Rini: Bbaik Dila. Apa iya lu sehat Din kok kaya sakit ya?”

Reaksi:

Dina: “Iya baik Rin, emangg gua kelihatan sakit apa gimana?”

Rini: “Loh, keliatannya lagi sakit, coba liat badan lu, kecil banget, bandingin sama badan gua”

Dila: “Badanmu sakit Rin? Kok kayak bengkak-bengkak gitu”

Rini: “Ini bukan bengkak, emang aku gendut”

Koda:

Aku dan Rini tertawa

Itulah pembahasan singkat mengenai teks anekdot lengkap dengan ciri, struktur dan contohnya. Sudah paham kan sobat? Semoga bermanfaat.